Pages

Blog yang menyediakan info-info menarik seputar dunia Game & Internet - MAAF BLOG INI SUDAH TIDAK AKTIF.

Selasa, 01 Juni 2010

Cara Pasang Tombol Share di Bagian Atas Postingan

Satu lagi trik yang menguntungkan bagi kita sebagai pemilik blog dan sekaligus membantu para pengunjung blog kita untuk menyebarkan artikel yang menarik di blog kita, yaitu dengan cara memasang tombol share/berbagi di setiap tampilan postingan kita. Dengan terpasangnya tombol share ini, kita maupun pengunjung blog kita akan merasa lebih mudah untuk membagi berbagai informasi yang menarik di blog kita ke orang lain tanpa harus mengetik maupun kopas alamat/URL artikel yang ada di blog kita. Cukup mengklik tombol share it! maka akan muncul berbagai situs bookmark maupun social network, dengan begitu...pengunjung yang memiliki akun di situs-situs tersebut akan menjadi lebih mudah hanya dengan mengklik tombol share it sekali saja.

Dalam post kali ini kita menggunakan  addthis.com . Kenapa harus addthis.com ? Alasanya adthiss.com MENURUT SAYA lebih mudah dan tentu saja teman teman akan mudah juga  dalam memasang trik yang satu ini, maka saya menggunakan layanan addthis.com . Tapi, bagi teman-teman yang tertarik memasang tombol share seperti saya (menggunakan layanan addthis.com), mungkin beberapa alasan berikut bisa menjadi penjelasan tentang keistimewaan tombol share yang telah disediakan oleh addthis.com:
Keuntungan dan Fasilitas yang didapat :

1. Bentuknya kecil, nah ini memiliki nilai unik tersendiri menurut saya "Small thing, big benefit!" - walau kecil bentuknya, namun memiliki manfaat yang besar.
2. Anda bisa memilih gaya/bentuk tombol share yang telah disediakan oleh addthis.com sesuka anda, jadi tombolnya nggak itu-itu aja.
3. Layanan tombol sharing yang telah disediakan oleh addthis.com sudah terkenal, jadi walaupun bentuknya kecil seperti itu, hampir semua orang langsung tahu mengenai fungsi dan kegunaannya, yaitu untuk mempermudah proses sharing. Dalam hal ini, keterkenalan tombol addthis.com tak perlu dipertanyakan lagi. "Sekedar info=> Yang sudah menggunakan tombol share layanan addthis.com sudah 1,2 juta situs lho!"

4. Dalam satu tombol share kecil terdapat 200 lebih layanan share maupun fitur tambahan lainnya. Wao...200 lebih lho, hanya dalam satu tombol kecil seperti itu. Nih, di antaranya: FaceBook, Twitter, Google Buzz, iGoogle, Google Reader, Kirim Email ke teman, Konver ke PDF, Print artikel, friendster, MySpace, Delicious, dll di mana anda sendiri bisa melihatnya secara lengkap melalui tombol share yang ada di bagaian kanan atas postingan blog ini.

5. Yaaaa....keren aja dah, yang mau make layanan ini monggo...

Oke, kelamaan dah cuap-cuapnya (tapi kan penting bro...). Bagi teman-teman yang tertarik untuk memasang tombol share di setiap postingan yang ada di blognya - silahkan untuk memperaktekkannya melalui langkah-langkah berikut:

Tahap 1

1. Silahkan surfing ke situs addthis.com
2. Pertama-tama yang harus anda lakukan yaitu menentukan layanan apa yang anda gunakan untuk ngeblog di step "1. Select your service". Dalam hal ini saya akan mengambil contoh "Blogger", mengingat ini adalah tutorial Blogger.

2. di step "2. Select a button style", silahkan untuk memilih gaya tombol yang anda inginkan.
3. Di step "3. Do you want analytics?", silahkan pilih opsi -No, just give me the button-.

Anda bisa memiliki akun di addthis.com jika mau, kelebihannya yaitu anda bisa memantau perkembangan statistik jumlah share artikel yang ada di blog anda. Namun untuk sementara kita akan menggunakan opsi "No, just give me the button" sebagai contoh.

4. Untuk step terakhir dalam pembuatan kode, silahkan untuk mengklik tombol "GET YOUR BUTTON" di opsi -4. You're done!-
5. Klik tombol "Install to Sidebar", maka akan langsung terbuka tab baru. Yang harus anda lakukan yaitu klik menu "edit Konten", maka akan muncul kode. Silahkan untuk mengopi kode tersebut dan pastekan di notepad! Dan segeralah untuk menutup tab yang baru muncul tadi.



Tahap 2

1. Login ke akun Blogger
2. Klik Tata Letak => Edit HTML => Jangan lupa untuk mencentang kotak "Expand widget template"
3. Carilah kode
kalau tidak ketemu, cari saja kode
4. Letakkan kode yang telah anda dapatkan dari addthis.com di atas salah satu kode yang anda temukan (salah satu dari kode pada poin no.3 di atas)
5. Untuk mengatur posisi tombol share, maka bisa dijepit dengan kode "text align". Sebagai contohnya, tombol saya di atas posisinya di sebelah kanan, maka formatnya seperti berikut:

DI SINI KODE YANG TELAH ANDA DAPATKAN DARI ADDTHIS.COM


Jika anda menginginkan tombol share anda posisinya di bagian atas tengah postingan, maka tinggal diganti saja "right" dengan "center". Jika kiri, maka "left"_

Dari keseluruhan langkah di atas, maka posisi kode anda nanti akan seperti berikut:
DI SINI KODE YANG TELAH ANDA DAPATKAN DARI ADDTHIS.COM






ATAU
DI SINI KODE YANG TELAH ANDA DAPATKAN DARI ADDTHIS.COM







6. Simpan hasil kerjaan anda dengan cara mengklik tombol "Simpan Template". SELESAI SUDAH...




Silahkan lihat tampilan blog anda, bagaimana...menarik bukan? Dengan terpasangnya tombol share ini juga akan membantu menaikkan trafik blog anda, tambah banyak yang sharing artikel yang ada di blog anda, maka semakin besar pula peluang anda mendapatkan trafik yang banyak - Buatlah artikel yang menarik, sehingga pengunjung blog anda akan tertarik untuk mensharing artikel anda ke yang lain. Selamat melanjutkan kegiatan blogging...


Semoga bermanfaat_


BY : http://t4belajarblogger.blogspot.com/  Dipost Oleh Arifo : http://gameforev.blogspot.com
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar

Dengan sangat, saya memohon kpd semua para pengunjung Gamer’s blog, agar memberikan komentar (saran dan kritikan) yang bersifat membangun.
Tinggalkan pesan di Blogroll untuk tukeran link.

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Gamer's ∙ Designed by Arifo Gunawan Cahyanegoro
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0